Tutorial Menjalankan CorelDraw di OSX Mac

Menjalankan coreldraw di osx mac tanpa bantuan virtual machine
coreldraw splashArtikel kali ini harusnya saya tulis beberapa bulan yang lalu, namun baru kali ini saya tulis di blog ini. justru video-nya yang sudah saya upload ke youtube terlebih dahulu untuk menyampaikan pesan bahwasanya CorelDraw masih bisa berjalan di mac osx tanpa bantuan virtual machine.
Memang tidak mudah untuk beralih ke aplikasi lain yang fungsi-nya sejenis. karena awalnya saya mengenal dunia desain vector berawal dengan CorelDraw dan sistem operasi windows.
Tapi setelah perjalanan panjang, hingga akhirnya saya memantapkan hati untuk menggunakan hackintosh ke dalam pc rakitan tua ini.
dari situlah saya merasa ada yang kurang lengkap tanpa adanya CorelDraw di osx mac, dan berusaha untuk mencari-cari cara agar coreldraw bisa berjalan di osx mac dengan bantuan wine emulator.

Dulu dimasa baru populer-nya osx snow leopard, saya memang sempat mencoba coreldraw 11, yang memang dibuat untuk platform mac osx, tapi saya merasa bahwa coreldraw versi ini tidak begitu enak di operasikan. malah lebih enak coreldraw x3 yang berhasil saya jalankan hanya dengan bantuan wine emulator. awalnya saya sebelum bisa menjalankan coreldraw dengan wine ini selalu menggunakan bantuan aplikasi virtual machine, tapi setelah saya rasa terlalu boros di resource, akhirnya mencar-cari cara agar bisa dijalankan dengan bantuan wine emulator saja. alhamdulillah.. dimana ada kemauan selalu ada jalan.

Awalnya saya mencoba untuk menjalankan coreldraw x3, setelah sukses berjalan, lalu saya coba menjalankan coreldraw x4. alhamdulillah juga bisa berjalan. namun sayang, untuk coreldraw x4 performanya tidak semulus coreldraw x3. saya pun masih belum sempat menganalisa lagi. karena waktu yang tidak cukup,maka saya putuskan untuk menggunakan coreldraw x3 di hackintosh saya hingga sekarang.

Jika teman-teman pengguna real mac maupun hackintosh, jika ingin mencoba menjalankan coreldraw di sistem osx tanpa bantuan aplikasi virtual machine, ada dua point yang harus diperhatikan. diantara-nya adalah :

Buatlah aplikasi CorelDraw menjadi aplikasi portable di windows terlebih dahulu menggunakan bantuan aplikasi seperti Thinapps dari vmware dan aplikasi sejenis-nya, lalu cobalah untuk dijalankan, jika hasil dari aplikasi portable nya bisa berjalan, kemungkinan besar coreldraw tersebut bisa dijalankan di sistem osx via wine emulator. kenapa harus dibuat portable terlebih dahulu? ini untuk menghindari ketidak tahuan kita tentang library apa saja yang dibutuhkan oleh coreldraw agar bisa berjalan. jadi dengan dibuat portable, setidaknya-nya file-file library coreldraw sudah di kemas dalam satu aplikasi portable tadi.

Disaat proses uji coba di sistem osx, usahakan komputer osx terhubung ke internet terlebih dahulu. ini bertujuan untuk mendownload library yang masih belum ada disaat anda gagal menjalankan coreldraw via wine emulator. ciri dari ketidak lengkapan library yang tidak ada tersebut biasanya akan muncul disaat kita menjalan coreldraw, jadi catat baik-baik, file-nya bernama apa begitupun extensi-nya apa. untuk mendownload &memasang-nya, kita menggunakan bantuan winetrick, dengan cara ini anda bisa lebih dimudahkan dalam mencari maupun meregistrasi library system-nya.
Jika merasa bingung.. simak saja tutorial yang sudah saya upload di youtube dibawah ini :

coreldraw di mac osx

Disaat uji coba ini, saya menggunakan Osx Yosemite, untuk anda yang bingung menggunakan wine emulator, anda bisa mencoba menggunakan bantuan winebottler ataupun wineskin winery. anda bisa cari di internet dengan bantuan google.
Yups,, saya rasa demikian saja apa yang bisa saya jelaskan, semoga bisa membantu anda.
jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan komentar jika anda menemui kendala disaat menguji coba menjalankan coreldraw di mac.

Baca juga cara mudah membackup file update iPhone atau iPad anda pada artikel dibawah :
Cara membackup file download / update iPhone atau iPad via iTunes
Dan dibawah ini panduan video untuk menjalankan CorelDraw di macOS,pada video dibawah, saya menggunakan macOS El Capitan. semoga video panduan ini bisa lebih membantu ketimbang membaca tulisan diatas yang mungkin susah di fahami. Selamat Menyimak..


Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn