Cara Membackup Hasil Download Aplikasi iPhone atau iPad Dari Itunes

Cara Membackup Hasil Download Aplikasi iPhone atau iPad Dari Itunes Dan Mencari Tahu Letak Direktori Penyimpanan File Download
itunes-preferences Kebetulan saya dimintai bantuan oleh salah satu teman untuk memasang aplikasi ke Iphone milik-nya. karena komputer rakitan saya terpasang Osx Yosemite, jadi saya terima saja, sekalian membantu teman. Aplikasi yang saya download ini sebetulnya tidak begitu besar, saya mendownload-nya menggunakan iTunes. tapi karena harga bandwidth internet di negeri ini masih terasa mahal,maka terfikir untuk mencari cara untuk mem-backup file hasil download dari iTunes tersebut agar bisa kita gunakan di kemudian hari atau bisa kita pasang ke device buatan apple yang lain.
Jadi, bagi teman-teman yang mempunyai gadget buatan Apple dan sering mendownload aplikasi lewat iTunes dan ingin mem-backup file-file hasil download-nya.. cara ini bisa anda terapkan untuk anda nanti.
Oh ya.. disini saya menggunakan komputer yang terpasang Osx Yosemite, jika teman-teman mendownload file di iTunes menggunakan komputer yang menggunakan Os Windows, mungkin metode-nya juga tidak berbeda begitu jauh.

Langkah-Langkah nya

Yuk kita langsung saja ke langkah-langkah untuk mencari tahu Cara Membackup Hasil Download Aplikasi Dari Itunes.

  • Buka iTunes, lalu klik menu Preferences.

itunes-preferences
itunes pref
  • Lalu muncul box preferences seperti gambar dibawah ini. lalu pilih menu Advanced Preference

advance-pref-itunes
advanced pref
  • Lihat sample pada gambar yang saya beri tanda kotak berwarna merah, disitu tertulis alamat letak direktori penyimpanan file-file yang didownload oleh iTunes. lalu sorot alamat path tersebut, lalu klik kanan dan pilih menu Reveal in Finder, lihat contoh pada gambar  dibawah ini.
reveal-in-finder
Reveal
  •  Setelah anda klik menu tersebut, nanti akan muncul Finder dengan langsung mengarah ke path direktori tempat penyimpanan sesuai dengan konfigurasi iTunes diatas. hasilnya ada pada gambar dibawah ini :

itunes-download-path
path download
  • Letak path-nya secara pasti yaitu Macintosh HD ▸ Users ▸ username ▸ Music ▸ iTunes ▸ iTunes Media ▸ Mobile Applications.
File-file yang sudah saya download tadi berada pada path diatas. dalam folder Mobile Application terlihat terdapat file-file yang ber-extensi .ipa. dari sini anda sudah bisa mem-backup file-file tersebut ke tempat yang lain agar nanti bisa anda gunakan lagi untuk device apple yang lain, agar anda tidak repot untuk mendownload dari Appstore lagi.
Dan jika anda ingin merubah letak path download iTunes, anda juga bisa merubah-nya pada menu Advanced Preference diatas ke path yang lain. jadi setelah itu anda sudah tidak dipusingkan untuk mengulang-ulang cara-cara yang sudah saya jabarkan seperti diatas.

Oke.. ternyata cara untuk mencari tahu letak hasil download file dari iTunes tidaklah sulit, dan langkah-langkah-nya pun cukup mudah. dengan artikel yang sudah saya tulis diatas.. anda sudah tidak perlu takut lagi untuk menganggarkan jatah bandwidth internet anda untuk mendownload file-file yang sudah pernah anda download sebelumnya.

Sekian saja artikel sederhana ini, semoga bisa membantu anda. cheers...

1 comment

  1. test komen
© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn