Membuat Bootable Usb Mavericks OS X (Metode Restore BaseSystem)

Membuat Bootable Usb Mavericks OS X (Metode Restore BaseSystem)
Pada dasarnya, untuk membuat usb bootable untuk media instalasi Os X pd flashdisk tidak seribet ini. ada banyak aplikasi yang memudahkan user untuk membuat setup Os X pd media Flashdisk/External disk, diantaranya seperti MyHack, Unibeast, DiskmakerX, Kakewalk dll.
Tp apa yang saya tulis ini merupakan cara manual tanpa bantuan aplikasi-aplikasi seperti yang sudah saya tulis diatas. kekurangannya ya pengerjaannya manual.
Sebetulnya untuk pembuatan media instalasi secara manual pd usb flashdisk ini bagi saya ada dua macam, pertama metode "CreateInstalMedia" seperti yg sudah saya tulis di post ini. dgn metode ini, file setup instalasi tidak menampilkan strukture file yang bisa kita kustom. jadi agak repot jika ada beberapa kernel extension yang bermasalah pd pc, atau juga akan bikin repot kalau seandainya kita akan menambah/mengganti kernel extension dan yang lain.
Tp dengan metode Restore Base, semua file instalasi bisa kita akses dan modifikasi, sehingga akan memudahkan kita jika ada beberapa kext yg membuat pc kita gagal untuk di kandangin Os X.

Males ngetik.. langsung aja lah menuju praktek.. :p

  1. Siapkan file installer Os X. disini saya menggunakan Os X Mavericks 10.9. kalau belum punya, bisa download dulu di appstore. taruh dimana aja bebas.

  2. Siapkan flashdisk minimal 8giga. lalu tusuk kan flashdisk ke usb port. dan buka aplikasi Disk Utility.

  3. Pilih Flashdisknya, pilih tab Erase lalu pilih format partisinya Mac OS Extended (Journaled). lalu tinggal pencet tombol Erase.

  4. Selanjutnya saya perlu mengakses file BaseSystem.dmg pd file installer Mavericks, karena file ini Hidden file, maka saya butuh untuk meng-unhidden dulu agar bisa di akses.
    dengan cara mengetik command dibawah ini pd terminal :
    defaults write com.apple.finder AppleShowAllFiles YES
    lalu restart finder untuk bisa menerapkan command yg baru saja saya ketik diatas, commandnya seperti ini :
    killall Finder
    Metode show hidden ini bisa diaktifkan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, ada banyak deh.. silahkan di googling aja. :D

  5. Selanjutnya, saya akses tempat saya menaruh file installer Os X Mavericks. jk anda mempunyai hasil dari mendownload via appstore, maka file ini secara default ada di folder /Application. setelah itu klik kanan pd file installer Mavericks dan saya pilih Show Package Contents. lalu buka folder Contents > SharedSupport, setelah itu double klik file InstallESD.dmg. dan akses InstallESD yang sudah di mount ini di sidebar,dan akan terlihat hidden file yg bernama Basesystem.dmg.

  6. Buka aplikasi Disk Utility, lalu drag flashdisk ke kolom Destination, dan drag file Basesystem.dmg ke kolom Source, lihat gambar dibawah ini sebagai contoh :

    setelah itu tekan tombol Restore, masukkan password untuk melanjutkan proses restore (awas,backup dulu isi pd flashdisk anda sebelum melanjutken aksi ini). dan tunggu proses restore sampai selesai.
  7. Kelar proses restoring, saya buka flashdisk yg sudah saya jadikan tempat restoring tadi.
    Buka folder System > Installation, lalu akan ditemui shortcut bernama Packages. delete shortcut ini, lalu buka file OS X Install ESD yg sudah di mounting td, dan copy folder Packages dan paste ke folder /USB_anda/System/Installations.

  8. Proses restoring selesai. dan tinggal tweak-tweak sesuka hati.

Post a Comment

© Tips Kunci. All rights reserved. Premium By NiaDzgn